Minggu, 17 Juni 2012

kebudayaan indonesia yang banyak akan ragam budaya



MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan tak lepas dari manusia, kenapa demikian ? karena dalam hal ini kebudayaan sebagai object dan manusia adalah sebagai subject nya, sehingga ketergantungan budaya terhadap manusia sangatlah lekat. Kemudian apa sebenarnya arti dari ‘kebudayaan’?
Secara kasar kebudayaan bisa diartikan sebagai semua hal yang dilakukan oleh manusia secara terus menerus. Secara bahasa Kebudayaan adalah Budhayah yang berarti budi atau akal, jika dalam bahasa latin namanya colere yang berarti mengolah tanah. Jadi kebudayaan secara umum adalah dapat diartikan sebagai “segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi(pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya”. Kebudayaan dengan demikian mencakup segala aspek kehidupan manusia baik berupa material maupun non material.
Untuk lebih mendalami mengenai kebudayaan, boleh kita masukkan unsur dari kebudayaan itu sendiri, berikut adalah unsure dari kebudayaan :
  • Sistem Religi à sebagai kepercayaan dari masing masing manusia
  • Sistem Organisasi Kemasyarakatan à Sebagai wujud kerjasama antar manusia karena setiap menausia saling ketergantungan
  • Sistem Pengetahuan à Kebudayaan akan berlangsung lama karena manusia mempunyai pengetahuan untuk dibukukan untuk generasi selanjutnya.
  • Sistem mata pencaharian hidup dan system –sistem ekonomi
  • Sistem Teknologi dan Peralatan à sebagai pemenuhan terhadap alat alat yang akan dibutuhkan didalam kebudayaan
  • Bahasa à Sebagai alat komunikasi bagi masing – masing mahluk hidup
  • Kesenian à Sebagai wujud pemenuhan terhadap kebutuhan pokok (makan, bernafas), karena manusia juga membutuhkan sesuatu yang enak dipandang, suara merdu untuk di dengar, dll.
Kemudian apakah wujud dari kebudayaan tersebut ? menurut dimensinya, kebudayaan mempunyai 3 wujud yaitu :
  • Kompleks Gagasan
Gagasan tersebut biasanya berupa tulisan, dimana wujud riilnya adalah pada karangan dan buku – buku hasil karya para penulis warga masyarakat yang bersangkutan.
  • Kompleks Aktifitas
Wujud secara langsung adalah Sistem Sosial yang terwujud setiap hari, system social ini terdiri dari aktivitas – aktivitas manusia dalam berinteraksi, berhubungan satu sama laen, bergaul, dll.
  • Wujud sebagai Benda
Hasil interaksi, saling berhubungan antar manusia dan laen – laen menghasilkan sesuatu berupa benda untuk memenuhi keperluan hidup masing masing manusia.
Ketiga wujud dari kebudayaan tadi, dalam kenyataan kehidupan masyarakat tidak lepas antara satu dengan yang lain. Kebudayaan ideal dan adat istiadat mengatur dan memberi arah kepada tidakan – tindakan dan karya manusia baik yang berupa ide ide maupun tindakan dan karya manusia. Sebaliknya, kebudayaan fisik membentuk suatu lingkungan hidup tertentu yang makin lama semakin menjauhkan manusia dari lingkungan alamiah sehingga mempengaruhi pula pola – pola perbuatannya, bahkan juga cara berpikirnya.

http://coursemean.wordpress.com/2011/03/16/manusia-dan-kebudayaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar